Saturday, June 27, 2015

Cara Buat Nasi Kuning dengan Simple

Nasi kuning merupakan salah satu makanan khas Indonesia, biasanya disajikan saat acara tertentu seperti selamatan dan juga ulang tahun. Sehingga cara buat nasi kuning ini gampang susah karena banyak sekali hal yang harus dilakukan. Namun buat Anda yang ingin mencobanya tidak perlu takut salah. Nah, yang paling menonjol dan yang membuat ketagihan adalah rasa dan tambahan lauk pauknya seperti ayam, kacang, irisan ketimun, tomat potong yang dihias, sambal dan yang lainnya.

resep nasi kuning rice cooker,cara membuat nasi kuning,nasi uduk,resep nasi kuning enak,pelengkap nasi kuning,nasi kuning spesial,nasi kuning komplit,resep nasi kuning,

Cara Buat Nasi Kuning dengan Simple


Makanan nasi kuning ini diberi nama nasi kuning karena warnanya kuning namun warna yang digunakan bukan berasal dari pewarna makanan tetapi dari kunir. Nasi kuning sudah familiar di kalangan semua orang apalagi orang desa. Banyak orang menyukai makanan ini karena warnanya yang cerah dan memiliki aroma yang harum. Nasi kuning tidak bisa dijumpai jika Anda tidak membelinya atau Anda tidak membuat sendiri. Jika Anda peminat nasi kuning ataupun ingin mencoba membuat nasi kuning. Berikut cara buat nasi kuning dengan mudah namun sedikit sulit, simak baik-baik.

Bahan cara buat nasi kuning:

1. 1,5 cangkir beras

2. 2 cm kunyit

3. 2 buah kemiri

4. 2 siung bawang putih

5. 4 bawang merah

6. Sereh 4 batang

7. Cengkeh 2 buah

8. 2 lembar daun salam

9. 1100 ml santan kental

10. Air secukupnya

Cara buat nasi kuning gurih:

1. Pertama haluskan dengan ditumbuk maupun diblender kunyit, kemiri, bawang putih dan bawang merah. Setelah itu tumis hingga mengeluarkan aroma yang harum lalu tambahkan santan kental masak sampai mendidih.

2. Langkah kedua masukkan santan bumbu ke dalam beras. Saringlah untuk memisahkan air dengan ampasnya. Masukkan sereh, cengkeh dan daun salam, aduk hingga merata.

3. Selanjutnya tambahkan air dengan takaran hingga mencapai ujung jari dari permukaan beras. Diaduk terus hingga mendidih jangan berhenti mengaduk agar tidak berkerak pada bagian bawahnya.

4. Langkah keempat kukus sampai matang atau kurang lebih 15 menit. Kemudian sajikan nasi kuning ditambah pelengkap seperti telur dadar, tempe kering, daging bumbu kecap dan kerupuk udang.

5. Nasi kuning spesial sudah siap disantap.

Demikian resep cara buat nasi kuning yang rasanya gurih dan nikmat. Ternyata membuat nasi kuning yang lezat cukup tidaklah sesulit yang dibayangkan asalkan tahu resepnya. Lebih mudah dan ekonomis, jika ada acara tidak perlu memesan karena Anda bisa membuatnya sendiri dengan harga yang lebih murah daripada membeli. Anda bisa menambahkan lauk yang sebagai pelengkap seperti tempe dan kacang goreng, telur dadar, abon dan lainnya yang tentunya akan membuat cita rasanya semakin gurih. Selamat mencoba dan semoga hasilnya lebih enak dan hasilnya lebih lezat.

Resep Kastengel NCC
                                                       
Resep Kastengel NCC
Resep Kastengel NCC yang Mudah