Saturday, November 12, 2016

Resep Soto lamongan Asli yang Enak, Lezat dan Menyegarkan

Resep soto lamongan asli merupakan salah satu resep soto yang paling banyak diminati. Soto merupakan salah satu kuliner Indonesia yang sangat populer. Soto tersedia dalam beberapa jenis, biasanya dibagi berdasarkan daerah asalnya. Salah satu jenis soto yang sangat populer yaitu soto lamongan. Hampir semua orang mengetahui soto lamongan, rasanya memang enak dan berbeda dari soto lainnya. Pada dasarnya, setiap jenis soto yang ada memiliki rasa yang segar dan nikmat. Namun tentunya setiap jenis soto memiliki rasa yang berbeda, begitu pula dengan soto lamongan.

resep soto lamongan koya,resep soto daging sapi lamongan,resep soto lamongan jawa timur,resep soto betawi enak,resep asli soto madura,cara membuat soto lamongan,

Resep Soto lamongan Asli yang Enak, Lezat dan Menyegarkan

Soto lamongan sangat populer karena rasanya yang sangat lezat dan nikmat. Soto lamongan akan lebih nikmat lagi jika disajikan dengan emping atau kerupuk melinjo. Untuk Anda yang ingin menikmati soto lamongan, Anda tidak harus bingung-bingung mencari warung yang menjual soto lamongan. Anda dapat membuat atau memasak soto lamongan sendiri di rumah. Membuat soto lamongan sendiri bukanlah hal rumit yang dapat Anda lakukan, simak resep soto lamongan asli berikut. Proses pembuatan soto lamongan ini sangat sederhana sehingga mudah untuk Anda lakukan.
Langsung saja, berikut ini merupakan bahan-bahan yang akan Anda gunakan untuk membuat soto lamongan. Jadi, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan berikut ini:

Bahan-bahan:

- Ayam kampung 4 potong (jika ada, dapat diganti dengan ayam potong)

- Air bersih 1500 cc

- Sereh 3 batang (memarkan)

- Daun jeruk 5 lembar (buang tulangnya)

- Lada bubuk 1 sendok teh

- Gula pasir 1 sendok makan

- Minyak goreng secukupnya

- Garam secukupnya

Bumbu halus:

- Bawang merah 10 butir

- Bawang putih 5 siung

- Kemiri 4 butir (sangrai)

- Kunyit 2 ruas jari (bakar)

- Jahe 1 ruas jari

Bahan sambal:

- Cabai rawit merah 10 buah

- Bawang putih 2 siung

- Cabai merah besar 4 buah

- Garam secukupnya

Bahan pelengkap:

- Mi bihun secukupnya (seduh dengan air panas)

- Kol secukupnya (iris tipis)
dan warnanya berubah menjadi kuning kecokelatan. Jangan lupa untuk menambahkan sereh dan juga daun jeruk. Jika sudah matang, masukkan bumbu tersebut ke dalam kaldu ayam yang Anda sisihkan sebelumnya.

3. Rebus kuah soto
Setelah memasukkan bumbu ke dalam kaldu ayam tersebut, rebuslah hingga mendidih. Tambahkan gula, garam dan juga lada bubuk ke dalam kuah soto tersebut. 

4. Goreng ayam
Resep soto lamongan asli selanjutnya yaitu panaskan minyak goreng secukupnya. Goreng daging ayam yang telah Anda rebus sebelumnya. Goreng hingga matang dan warnanya berubah kecokelatan, angkat lalu tiriskan. Tunggu hingga dingin lalu suwir-suwir daging ayam tersebut secukupnya.

5. Sajikan
Langkah berikutnya yaitu tata bahan pelengkap soto lamongan. Sediakan mangkuk, masukkan mi bihun, kol, seledri, daun bawang dan suwiran daging ayam. Siram menggunakan kuah soto, taburi dengan bawang goreng dan tambahkan kecap secukupnya. Jangan lupa untuk menambahkan irisan telur rebus, sambal dan juga emping.

Soto lamongan siap untuk disajikan, nikmati soto lamongan selagi masih hangat. Bagaimana, tidak rumit bukan cara membuat soto lamongan sendiri di rumah? Untuk Anda yang ingin menikmati lezatnya soto lamongan, cobalah dan praktekkan resep soto lamongan asli tersebut di rumah.