Sunday, November 13, 2016

Resep Klapertart Kukus Enak yang Simpel untuk Anda Coba

Apakah Anda pernah mendengar atau mengetahui resep klapertart kukus? Kue klapertart memang merupakan salah satu kue yang tidak terlalu populer di Indonesia. Walaupun tidak sepopuler seperti kue jenis lainnya, kue yang satu ini cukup banyak diminati. Rasanya yang enak mampu membuat para penikmatnya merasakan sensasi berbeda yang cukup luar biasa. Kue klapertart lebih dikenal sebagai kue khas Manado. Kue ini termasuk kue yang dipengaruhi sentuhan olahan makanan Belanda ketika jaman penjajahan dahulu. Oleh sebab itu, kue klapertart ini memiliki rasa yang unik namun tetap lezat.
Karena tidak banyak orang yang menjualnya, Anda tetap dapat menikmati kue ini dengan cara membuatnya sendiri. Anda dapat membuat kue klapertart ini di rumah dengan tangan Anda sendiri. Anda tidak perlu khawatir atau bingung mengenai bahan dan cara pembuatannya. Resep klapertart kukus yang simpel akan dibagikan berikut ini secara lengkap. Ini dia bahan-bahan yang harus Anda siapkan untuk membuat kue klapertart:

Bahan utama:

- Roti tawar 6 lembar (sobek-sobek)

- Susu cair 100 ml

Bahan vla:

- Tepung terigu 1 sendok makan

- Tepung maizena 25 gram

- Daun pandan 1 lembar

- Santan 350 ml (dari ½ butir kelapa)

- Garam halus ½ sendok teh

- Gula pasir 75 gram

- Telur 2 butir (kocok lepas)

- Vanila bubuk ¼ sendok teh

- Kelapa muda 200 gram

- Kacang kenari 50 gram (rajang tipis)

- Kismis 50 gram (belah 2)

Setelah menyiapkan bahan-bahan tersebut, Anda dapat segera membuat kue klapertart. Untuk langkah pembuatannya, pastikan untuk melakukannya secara urut sesuai resep berikut ini.

Cara membuat kue klapertart yang enak dan mudah:

1. Rendam roti tawar
Resep klapertart kukus yang pertama yaitu merendam roti tawar yang telah Anda sobek-sobek menggunakan susu cair. 

2. Tata pinggan
Langkah berikutnya yaitu tatalah roti tawar tersebut di pinggan yang tahan panas. Usahakan untuk menggunakan pinggan yang berbentuk kotak atau persegi. Setelah itu Anda dapat menyisihkan terlebih dahulu dan menyiapkan vlanya.

3. Siapkan vla
Untuk membuat vla, Anda dapat merebus beberapa bahan vla menggunakan panci. Bahan-bahan tersebut antara lain yaitu tepung terigu, tepung maizena, daun pandan, gula pasir, garam dan santan. Rebus sampai semua bahan tercampur rata dan adonannya menjadi mengental. Jika adonan sudah mengeluarkan letupan-letupan, Anda dapat mengangkatnya.

4. Masukkan telur dan vanila bubuk
Resep berikutnya yaitu masukkan telur dan juga vanila bubuk yang sudah Anda siapkan. Masukkan ke dalam adonan lalu aduk-aduk sampai tercampur merata. 

5. Tambahkan kelapa muda, kenari dan kismis
Resep klapertart kukus selanjutnya yaitu tambahkan kelapa muda, kenari dan juga kismis ke dalam adonan. Aduk kembali sampai adonan tercampur merata, jika sudah Anda dapat menuang adonan diatas tatanan roti tawar.

6. Kukus
Langkah berikutnya yaitu kukus adonan selama kurang lebih 45 menit. Kukus adonan menggunakan api yang kecil agar matangnya sempurna. Setelah matang, angkat lalu sajikan kue klapertart ini selagi hangat.

Pastikan untuk menikmati kue klapertart ini selagi hangat agar terasa lebih nikmat. Rasanya yang enak, lembut dan nikmat akan menggoyang lidah Anda dan keluarga. Anda dapat menyajikan kue klapertart ini bersama minuman hangat seperti susu, teh ataupun kopi. Sekian yang dapat disampaikan, tidak sulit bukan resep cara membuat kue klapertart kukus tersebut. Untuk Anda yang juga ingin menikmati kue khas Manado ini, pastikan untuk mencoba resep klapertart kukus ini di rumah.

Baca juga : Inilah Resep Garang Asem Daging Sapi Lezat yang Sederhana