Friday, November 11, 2016

Bolu Ketan Hitam Panggang Spesial

Bolu Ketan Hitam Panggang Spesial, untuk membuat bolu ketan hitam panggang yang empuk dan lezat, sebaiknya Anda memperhatikan proses pembuatan dengan baik. Karena ada beberapa orang yang telah mencoba membuat bolu ketan hitam ini namun hasilnya bantat. Namun dengan berpegang pada resep kali ini, maka Anda tidak akan kecewa dengan hasil yang akan Anda buat.
bolu ketan hitam panggang lembut,resep bolu ketan hitam panggang ncc,cerita bolu ketan hitam panggang,cara membuat bolu ketan hitam panggang,bolu ketan hitam kukus,bolu ketan hitam bakar,

Bolu Ketan Hitam Panggang Spesial

Bagi Anda yang belum pernah mencoba bolu ketan hitam panggang maka kini saatnya Anda mencoba untuk menikmatinya. Karena bolu ketan hitam ini tidak kalah enak dengan bolu yang dibuat dengan menggunakan tepung terigu biasa. Warna hitam yang ada pada bolu ini merupakan warna asli dari ketan hitam, sehingga tampilannya akan sangat mirip dengan brownis. Nah, berikut ini resepnya.

Bahan bolu ketan hitam panggang:

• 100 gram tepung ketan hitam

• 5 butir telur ayam

• 50 gram tepung terigu

• 100 ml santan cair

• 5 sendok makan margarin, lelehkan

• ½ sendok teh vanili

• ½ sendok teh ovalet

• 100 gram gula pasir halus

• Garam secukupnya

• Keju cheedar parut

Cara membuat bolu ketan hitam panggang:

1. Langkah pertama untuk membuat bolu ketan hitam ini adalah dengan mengocok telur kemudian tambahkan dengan gula halus, vanili dan juga ovalet. Sebaiknya gunakan mixer sehingga kecepatan yang didapatkan bisa stabil. Kecepatan yang stabil sangat berpengaruh pada hasil akhir dari bolu nantinya, karena dengan menggunakan mixer ini maka bolu bisa mengembang dengan baik.

2. Kemudian masukkan tepung ketan hitam sedikit demi sedikit namun sambil terus diaduk agar rata. Untuk mengaduk kali ini cukup dengan menggunakan spatula.

3. Langkah berikutnya tambahkan mentega yang sebelumnya telah dilelehkan, dan jangan lupa tambahkan juga dengan garam halus, santan cair setelah itu aduk hingga semua tercampur dengan sempurna.

4. Proses pembuatan bolu ketan hitam panggang selanjutnya yaitu tuang adonan tersebut pada loyang. Ini merupakan proses akhir dari pembuatan bolu namun sebelumnya, olesi loyang dengan mentega dan juga kertas roti agar tidak lengket.

5. Kemudian panggang adonan ini dalam suhu 150 derajat celcius selama kurang lebih 45 menit, atau hingga matang. Jika pemanggang yang digunakan adalah pemanggang kompor, maka pastikan menggunakan api yang stabil agar bolu dapat mengembang dengan baik.

6. Setelah itu, angkat dan taburi dengan parutan keju diatasnya. Dengan demikian bolu ketan hitam panggang telah siap untuk dinikmati.

Untuk menyajikan bolu ini, Anda bisa memotong-motong menjadi beberapa bagian sesuai dengan selera Anda. Bolu ketan hitam ini selain cocok untuk teman saat nonton, juga bisa menjadi hidangan yang spesial saat saudara atau teman Anda berkunjung ke rumah. Nah, demikian tadi resep bolu ketan hitam panggang dan cara membuatnya, selamat mencoba semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca juga : Resep Puding Telur Ceplok Kenyal dan Mudahm