Saturday, July 4, 2015

Inilah Resep Garang Asem Daging Sapi Lezat yang Sederhana

Apakah Anda sedang mencari cara membuat resep garang asem daging yang sederhana? Jika iya, maka pastikan untuk menyimak uraian berikut ini secara seksama. Berikut ini akan dibagikan resep cara membuat garang asem daging dengan langkah yang sangat sederhana. Untuk Anda yang bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja, garang asem daging memang pilihan tepat untuk Anda. Rasanya yang lezat dan nikmat akan memanjakan lidah Anda dari suapan pertama sampai yang terakhir. Garang asem daging ini akan menjadi sajian paling lezat yang akan disajikan di meja makan Anda.

resep garang asem daging pekalongan,resep garang asem daging kuah,resep garang asem daging khas pekalongan,resep garang asem ayam,resep garang asem ikan,resep garang asem tanpa santan,

Inilah Resep Garang Asem Daging Sapi Lezat yang Sederhana

Untuk membuat garang asem daging ini, Anda harus menyediakan daging sapi pilihan. Dengan daging sapi pilihan maka garang asem yang Anda buat akan terjamin kelezatannya, terutama jika Anda menyimak dan mengikuti resep berikut ini. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai resep garang asem daging, siapkan bahan-bahan berikut:

Bahan:

- Daging sapi pilihan 50 gram (potong dadu)

- Tomat hijau 1 buah (potong kasar)

- Buncis 50 gram (potong dadu)

- Belimbing sayur 4 buah (potong menjadi 2 bagian)

- Air asam 100 ml

- Air bersih 600 ml

- Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk bumbu:

- Bawang merah 8 butir (iris tipis)
 
- Bawang putih 3 siung (iris tipis)

- Daun salam 2 lembar

- Cabai merah besar 2 buah (iris serong)

- Cabai hijau besar 2 buah (iris serong)

- Cabai rawit hijau 3 buah (iris serong)

- Lengkuas 2 cm (memarkan)

- Kecap manis 2 sendok makan

- Merica bubuk ½ sendok teh

- Garam ½ sendok teh

- Gula pasir ½ sendok teh

Cara memasak garam asem daging lezat:

1. Rebus daging
Setelah daging dicuci dan dipotong dadu, rebuslah menggunakan air yang telah Anda siapkan sebelumnya. Rebus sampai daging sapi empuk, setelah itu angkat lalu sisihkan.

2. Tumis bumbu
Resep garang asem daging selanjutnya yaitu panaskan minyak goreng secukupnya. Setelah panas, masukkan bawang merah dan bawang putih lalu tumis hingga setengah layu. Setelah itu, masukkan cabai merah, cabai hijau dan juga cabai rawit. Tidak ketinggalan juga daun salam dan lengkuas yang sudah dicuci bersih. Tumis bumbu tersebut sampai layu dan berbau wangi, setelah itu siram dengan air bersih secukupnya.

3. Masukkan daging dan bumbu lain
Masukkan daging ke dalam tumisan bumbu, masukkan juga bahan dan bumbu lain yang telah Anda siapkan. Mulai dari tomat, buncis, belimbing sayur, air asam, gula, garam, merica dan kecap. Setelah semua bahan dimasukkan, masak sampai matang sambil diaduk beberapa kali. Masak sampai airnya mendidih, setelah itu tunggu beberapa menit agar bumbu dapat meresap ke dalam daging. Jika airnya sudah mendidih dan bumbunya sudah meresap, Anda dapat mematikan api kompor.

4. Sajikan
Sampai di sini, resep garang asem daging telah selesai dilakukan. Anda dapat menyajikan dan menikmati garang asem daging buatan Anda. Nikmati garang asem daging sapi ini selagi masih hangat bersama keluarga Anda di rumah.

Untuk bumbu, Anda juga dapat menambahkan terasi untuk menambah aroma dan cita rasa masakan Anda. Tambahkan terasi secukupnya ketika menumis bumbu jika Anda menyukai terasi. Namun jika Anda tidak suka maka cukup gunakan bahan-bahan yang telah disebutkan tersebut. Sedangkan untuk tingkat kepedasannya, sesuaikan dengan selera Anda. Tambah atau kurangi cabai rawit yang Anda gunakan sesuai dengan selera Anda. Demikian yang dapat disampaikan, itulah resep garang asem daging yang paling sederhana dan mudah untuk Anda lakukan.

Baca juga : Resep Kue Cubit Sederhana yang Paling Mudah dan Praktis