Sunday, July 5, 2015

Resep Kripik Bawang Gurih dan Pedas

Resep Kripik Bawang Gurih dan Pedas -Anda sedang mencari resep camilan yang enak sebagai hidangan untuk Lebaran? Ya, kali ini kami akan memaparkan salah satu resep camilan gurih yang enak, yaitu resep kripik bawang. Meskipun keripik ini seringkali dinamai kue bawang, tapi Anda jangan terkecoh dulu sebab jenis panganan ini bukanlah merupakan dari jenis kue basah ataupun kering. Keripik bawang sendiri merupakan makanan yang terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan bumbu utama bawang putih dan dibentuk menjadi batangan panjang yang kemudian digoreng.
keripik bawang pedas manis,resep keripik pedas maicih,resep keripik bawang renyah,resep keripik bawang renyah ncc,resep keripik bawang keju,resep keripik bawang seledri,resep keripik bawang merah,

Resep Kripik Bawang Gurih dan Pedas

Sebelum membahas lebih jauh mengenai resep keripik bawang, ada baiknya Anda mengetahui manfaat bawang. Bawang yang sering kali hanya digunakan sebagai bumbu masakan, jarang diketahui bahwa ia memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Bawang putih sendiri mengandung senyawa alicin yang digunakan obat sejak zaman nenek moyang. Masyarakat Mesir sudah banyak menggunakan bawang putih sebagai obat sejak zaman dahulu. Khasiat senyawa ini yang terkandung dalam bawang putih antara lain mampu mengencerkan darah, menurunkan berat badan, zat anti kanker, mencegah hipertensi, sebagai antioksidan dan anti mikroba atau bakteri.

Sebelum berlanjut ke resep keripik bawang, sebelumnya terlebih dahulu siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa bahan yang perlu Anda persiapkan dengan takaran yang sesuai.

Bahan-bahan kue bawang:

1. 175 gr tepung terigu

2. 1 sdt fermipan

3. 1 butir telur ayam, dikocok

4. 1 sdt garam

5. 50 gram tepung sagu

6. Santan secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

1. 1 butir kemiri

2. 7 siung bawang merah

3. 1/3 sdt merica

Cara membuat resep keripik bawang:

1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencampurkan tepung terigu, fermipan, garam, dan tepung sagu. Kemudian, aduk semua bahan hingga tercampur sampai rata.

2. Selanjutnya, tambahkan telur ayam, bawang merah, merica, dan kemiri. Aduk atau uleni lagi sampai semua bahan tercampur merata. 

3. Setelah itu, Anda bisa menuangkan santan kemudian uleni sampai menjadi gumpalan adonan yang bisa dibentuk.

4. Giling atau pipihkan adonan tipis-tipis saja kemudian potong kecil-kecil sesuai selera Anda.

5. Langkah terakhir adalah menggoreng adonan yang telah dipotong-potong dalam minyak yang panas sampai keripiknya matang. Jangan goreng terlalu lama hingga menyebabkan kue bawang ini gosong.

Untuk inovasi, Anda bisa menambahkan bumbu-bumbu untuk menaburi keripik sehingga memiliki rasa berbeda, tidak hanya rasa bawang. Anda bisa menambahkan garam jika menginginkan rasa asin. Jika bosan dengan rasa asin biasa, bumbu instan rasa barbeque, keju, pedas manis bisa menjadi pilihan lain. Pemilihan rasa tentunya disesuaikan dengan selera masing-masing.
Bagaimana, mudah bukan resep keripik bawang ini? Setelah membaca ulasan diatas, pasti Anda tertarik untuk segera membuatnya sendiri. Silahkan dicoba dan semoga berhasil.

Baca juga : Resep Kue Cubit green Tea Enak dan Lezat dengan Langkah Mudah